Tuesday, January 14, 2014

Pengertian, Fungsi, Prinsip Kerja, dan Jenis Fiber Optik


Sulit untuk mengatakan kapan tepatnya kabel fiber optik modern pertama ada dan siapa penemu fiber optilk. Apa yang diketahui, pasti, adalah bahwa demonstrasi pertama dari pembiasan cahaya dipandu dilakukan oleh Jacques Babinet dan Daniel Colladon pada 1840. Demonstrasi ini memberikan dasar yang semua prinsip kemudian fiber optik  akan dibangun.

fungsi fiber optik

fungsi Fiber optik  dimaksudkan untuk mengarahkan gelombang cahaya dalam satu arah melalui proses pembiasan cahaya. Pada dasarnya, kabel fiber optik  mengirimkan gelombang cahaya dari satu titik fisik yang lain dengan menangkap cahaya dalam kabel dan memantulkannya kembali ke dalam setiap kali ia mencoba untuk melarikan diri. Hal ini membuat fiber optik  kabel semacam seperti sebuah prisma dari mana gelombang cahaya tidak dapat melarikan diri. Satu-satunya tempat untuk gelombang cahaya untuk pergi, maka, adalah ujung dari kabel fiber optik .

prinsip kerja fiber optik

prinsip kerja Fiber optik  adalah nama untuk proses dimana data ditransfer melalui pulsa cahaya, yang dikirim melalui untaian tipis dari kaca atau plastik. Ini semacam helai kaca atau plastik, juga disebut kabel optik, setipis rambut manusia, yang berarti banyak dari mereka dapat terikat bersama. Ini juga berarti mereka dapat rusak sangat mudah.
Gelombang cahaya tidak “menekuk” dengan sendirinya, mereka tidak bisa pergi sekitar sudut tanpa memantul dari cermin atau permukaan reflektif lainnya. Fiber optik  menekuk lampu dengan “memantul” pulsa cahaya sepanjang dinding kabel. Ini disebut refleksi internal total. Ini pulsa cahaya, penuh dengan data, dapat melakukan perjalanan cepat melalui jarak yang jauh.
Sebuah pemancar di salah satu ujung dari sistem fiber optik  mengirim data dengan mengubah sinyal elektronik menjadi pulsa cahaya, yang dipancarkan ke dalam serat. Sebuah penerima di ujung lain menerima dan decode pulsa, mentransformasikannya menjadi sinyal listrik, yang kemudian dikirim ke televisi, komputer dan perangkat elektronik lainnya. Kadang-kadang, regenerator diperlukan untuk meningkatkan kekuatan sinyal cahaya lebih dari jarak yang sangat panjang.

Jenis fiber optik

Ada dua jenis fiber optik , single mode dan multimode. Meskipun kedua serat yang diproduksi dengan cara yang sama dan menggunakan bahan yang sama, perbedaannya adalah ukuran inti mereka. Sebuah serat mode tunggal berisi satu modus untuk mengirimkan data, sedangkan serat multimode dapat mengirimkan lebih dari 100 mode.
fiber optik Mode Single
Serat single mode memiliki core ukuran kecil, setiap kekuasaan dijalankan melalui cladding dapat dengan mudah hilang di mana tikungan serat.
  1. Mode Single Keuntungan – Serat single mode memiliki panjang operasi lebih besar dari lima mil. Mereka juga memiliki bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan Multimode karena dispersi serat yang lebih rendah.
  2. Kekurangan Mode Single – Cahaya dari serat single mode hanya perjalanan ke pusat inti. Mereka juga menggunakan dioda laser, yang cenderung lebih kompleks dan mahal daripada dioda pemancar cahaya (LED).
fiber optik Multimode
Modus count tergantung pada ukuran inti dan aperture numerik. Karena ukuran inti besar, menyelaraskan serat disambung lebih mudah.
  1. Keuntungan Multimode – Serat multimode dapat menggunakan LED, yang lebih murah dan lebih tahan lama dibandingkan dioda laser. Daya juga didistribusikan ke dalam inti dan cladding.
  2. Kekurangan Multimode – Serat Multimode memiliki jangkauan operasi kurang dari lima mil. Sebagai ukuran inti dan aperture numerik meningkat, mereka juga cenderung kehilangan bandwidth.


Read more: http://pacarita.com/pengertian-fiber-optik-fungsi-fiber-optik-prinsip-kerja-fiber-optik-jenis-fiber-optik.html#ixzz2qQOlYJw4

No comments:

Post a Comment